Tags

,


Udah selesai semester 1 malah di semester 2 ada yang ketinggalan makul ini untuk praktikumnya.. hualah,,,, tapi no problem,, aku jalani aja LIFE IS FUN AND THANKFUL

Daripada ga dipelajari n lupa mendingan aku masukkin ke wordpress aja,,, siapa tau ada yang butuh kan jadi tambah pahala. berbagai ilmu hehehehe. Amin. Akh ga usah panjang lebar,,langsung aja praktikum ini ada 3 acara yaitu :

  1. Solusi SPL dengan metode Eliminasi Gauss
  2. Solusi SPL dengan Dekomposisi LU
  3. Solusi Sistem Tridiagonal

Minggu pertama,

Yang mau aku sampaikan adalah inti dari pembuatan rumus sederhana untuk menghitung metode eliminasi gauss.

Dalam tampilan screenshot (klik gambar untuk memperbesarnya)

Pivot pertama untuk baris pertama….

Faktor untuk baris kedua… dengan menggunakan tambahan $ pada rumus kita tuliskan cukup satu rumus saja..

Pivot kedua untuk baris kedua….

kalo menggunakan sistim kerja rumus ini memakan waktu lama, sehingga saya menyarankan dalam rumus tersebut di tambah $ untuk mempermudah penyelesaian, karena fungsi ini agar cell yang disorot tidak pindah jika di drag untuk menghasilkan data disampingya.. Ga jelas ya penjelasannya… hehehhe nih,, gambarnya kyk gini,,

Faktor untuk baris ketiga… tambahkan $ dirumus tersebut agar mempermudah dan mempercepat penyelesaiannya.

setelah selesai menentukan nilai “x” kita lanjut kepenyelesaiannya… yaitu mencari nilai x1, x2 dan x3. Dari hasil tersebut telah diketahui x3 dan kita tinggal mencari x2 dan x1. untuk mencarinya kita mulai dengan x yang lebih besar dulu. Lihat gambar

Untuk mencari x2 menggunakan rumus =K17-(H17*K20)

dan untuk mencari x1 menggunakan rumus =K16-(G16*K21)-(H16*K20)

seperti inilah menurutku..tuh sekallian udah ada rumusnya… kalo kamu pintar pasti bisa,, saya yakin yang ngunjungi blog ini orangnya pinter-pinter🙂 kalo udah paham coba agan-agan buat dengan order >=6

Nah Sesudah praktikum janji saya akan menshareing filenya yang saya buat sendiri. jika ingin mendownloadnya klik disini Metode Gauss

jangan lupa setelah itu tak lupa untuk tulis comentarnya,, karena untuk feedback bagi wordpressku dan meningkatkan kinerjanya. OKE…