Tags

,


PERTEMUAN PERTAMA

KONSEP EKONOMI TEKNIK

Seusai makul sistem informasi dan komunikasi, saatnya untuk mempersiapkan makul Ekonomi teknik yang diampu oleh dosen Bpk Ibnu. Pak Ibnu ini seorang yang memiliki usaha yang di bilang sukses karena omsetnya mencapai miliaran rupiah. Pertemuan pertama pak Ibnu menyampaikan tentang konsep ekonomi teknik. Beliau menjelaskan bahwa ==========>>>>

“Adakah barang yang dipakai kita itu GRATIS??” kata pak Ibnu. Aku mikir, emmm.. kayaknya ga ada.. kencing aja bayar ckckcckckc. Tetapi jawaban dari pak ibnu adalah semua barang yang di pakai kita adalah GRATIS, kita hanya mengambil di alam, alam menyediakan semua barang gratis. Tetapi Kenapa kita harus bayar barang tersebut??.. Itu karena barang yang diambil dari alam diolah oleh manusia untuk manbah nilai jual, berarti untuk mendapatkan barang tersebut kita harus mengganti jasa orang yang telah mengolahnya. Misalnya dalam pembuatan kain sutra, terdapat beberapa puluh orang yang berperan dalam pembuatan lain sutera ini. dari beternak ulatnya,, membuat benangnya sampai menjadi kain sutera yang bagus. Dari contoh tersebut bahwa jasa yang dijual untuk pembuatan kain sutera sangat mahal dari bahan mentahnya tadi yaitu ulat sutera.

“Apa yang pertama dilihat saat Anda membeli barang di Supermarket?”… apakah harga, kualitas, apa tanggal kadaluarsa?? ya semuanya itu benar tetapi yang pertama dilihat adalah bungkus kemasan tersebut,,  itulah yang membedakan bahwa setiap orang memiliki presepsi kualitas yang berbeda-beda. Seperti yang lainnya dalam arti sukses, Menurutku sukses adalah dapat menikmati hidup ini denga lurus dan mencapai kebutuhan hidupnya serta dapat berguna untuk kedua orangtua, masyarakat dan bangsa. Tapi menurut orang lain sukses adalah hidup bahagia didunia ini. Nah….. dalam pengertian sukses itu menggambarkan bahwa setiap orang memiliki presepsi yang berbeda. Sebagai motivasi agar setiap saat mendapat dorongan untuk bersemangat dalam melakukan hal yang positif.
“kebanyakan korban kapal titanic bukan karena mati tenggelam tetapi mati karena membeku”
“life is fun and greatful, not a problem to be solve”
“kita tidak mungkin bisa terbang seperti elang kalau kita hidup dikumpulan kalkun ” (John C. Maxwell)

Kata pak Ibnu yang perlu diingat..

Aku punya mobil BMW seri 8 pada tahun 2012 saat ulang tahunku yang ke 20

Jangan pernah berkata TIDAK atau INGIN jika kamu ingin mendapatkan sesuatu yang sebagai tujuanmu.