Tags

, ,


PERTEMUAN PERTAMA

BISNIS DAN KONSEP BISNIS

manajemen bisa diartikan sebagai pengelolaan ataupun pengaturan.
sedangkan bisnis merupakan proses tukar menukar uang atau jasa untuk mendapatkan suatu profit atau keuntungan.

hal yang akan dibahas dalam kuliah manajemen bisnis yakni:
1. uang (modal maupun profit)
2. produk (hasil dari produksi)
3. usaha (memerlukan strategi agar tetap survival)
4. kerjasama atau team work agar sinergi.
dalam keempat unsur diatas maka terciptalah sebuah peluang usaha yang dapat kita kembangkan.

selain itu adapula 3 konsep bisnis yang wajib kita ketahui yakni:
1. pemasaran (target konsumen yang akan merelakan uang mereka untuk mendapatkan produk kita)
2. produksi (kelancaran bahan baku, pengolahan, hingga menghasilkan produk siap dipasarkan)
3. keuangan (sebagai sumber modal untuk biaya operasional suatu usaha. bisa didapatkan melalui pinjaman, sistem bagi hasil, ataupun penanaman saham)

tanpa ketiga unsur diatas maka usaha tersebut bisa dikatakan terancam bangkrut jika salah satu unsur tidak terpenuhi. namun jika hanya satu masih ada kemungkinan penyelesaiannya. berbeda jika terdapat dua unsur yang tidak terpenuhi. itu jelas lebih baik usaha tersebut ditutup dan beralih ke usaha yang lainnya. karena jika dipertahankan maka akan merugikan produsen itu sendiri.

adapun contoh produk agroindustri yang akhir-akhir ini dilirik oleh industri di jepang yakni ubi jalar. dimana permintaan atau order dari jepang ke indonesia sangat besar. harga satu ubi jalar dijepang mencapai 30.000/biji. sedangkan di indonesia sangat murah. inilah peluang besar dari salah satu produk agroindustri yang dapat kita jadikan sebagai usaha yang menjanjikan.

selain itu adapula peluang masalah pakan udang. udang merupakan salah satu industri yang menjanjikan, apalagi pakan udang yang setiap hari dibutuhkan untuk menyuplai makanannya. apapun bisa kita jadikan sebagai pakannya. dengan adanya tiga unsur pemasaran, produksi, dan modal diatas maka industri pakan udang pun bisa menjadi industri yang menjanjikan pula.