Tags

, , , , , , ,


Sistem manajemen konten adalah perangkat lunak yang memungkinkan seseorang untuk menambahkan dan/atau memanipulasi (mengubah) isi dari suatu situs Web (http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_manajemen_konten). Atau dapat diatrikan bahwa CMS (Content Management System ) adalah Sebuah sistem yang memberikan kemudahan kepada para penggunanya dalam mengelola dan mengadakan perubahan isi sebuah website dinamis tanpa sebelumnya dibekali pengetahuan tentang hal-hal yang bersifat teknis. Dengan demikian, setiap orang, penulis maupun editor, setiap saat dapat menggunakannya secara leluasa untuk membuat, menghapus atau bahkan memperbaharui isi website tanpa campur tangan langsung dari pihak webmaster. Atau sebuah sistem yang dapat membuat, mengatur, medestribusikan, mempublikasikan dan menjaga informasi perusahaan atau institusi, dimana admin tidak harus mengetahui tag HTML untuk menjalankanya.

Terdapat banyak macam-macam CMS, mulai dari yang berbayar (commercial) sampai yang gratis (open source). CMS yang berbayar menawarkan kestabilan dan performa yang lebih baik dari yg gratis, hal ini wajar saja mengingat untuk membuat CMS berbayar diperlukan biaya dan keahlian profesional. Macam-macam CMS yang open source antara lain adalah Drupal, Joomla, WordPress, Mambo, b2evolution, php website, phpbb, Simple machines. Dan CMS yang untuk e-commerce antara lain osCommerce, Prestashop, dan Magneto.

Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Domain berfungsi mempermudah pengguna di internet untuk melakukan akses ke server dan mengingat server yang dikunjungi dibandingan harus mengenal deretan nomor atau yang dikenal IP address. Nama domain juga di kenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web.

Hosting adalah jasa layanan internet yang menyediakan sumber daya server-server untuk disewakan sehingga memungkinkan organisasi atau individu menempatkan informasi di internet berupa HTTP, FTP, EMAIL atau DNS. Server hosting terdiri dari gabungan server-server atau sebuah server yang terhubung dengan jaringan internet berkecepatan tinggi (http://id.wikipedia.org/wiki/Hosting ). Kegunaan hostingan adalah untuk menyimpan file-file dan database yang akan kita butuhkan dan menghubungkan ke domain.

Server web adalah sebuah perangkat lunak server yang berfungsi menerima permintaan HTTP atau HTTPS dari klien yang dikenal dengan browser web dan mengirimkan kembali hasilnya dalam bentuk halaman-halaman web yang umumnya berbentuk dokumen HTML. Server web yang terkenal diantaranya adalah Apache dan Microsoft Internet Information Service (IIS). Apache merupakan server web antar-platform, sedangkan IIS hanya dapat beroperasi di sistem operasi Windows. (http://id. wikipedia. org/ wiki/ Server_web). Web server menunggu permintaan dari client yang menggunakan browser seperti netscape navigator, Internet Explorer, modzilla, dan program browser lainnya. Jika ada permintaan dari browser, maka web server akan memproses permintaan itu dan kemudian memberikan hasil prosesnya berupa data yang diinginkan kembali ke browser. Data ini mempunyai format yang standar disebut dengan format SGML ( Standard General Markup Language). Data yangberupa format ini kemudian akan ditampilkan oleh browser sesuai dengankemampuan browser itu. Contohnya ialah bila data yang dikirim berupa datagambar, browser yang hanya mampu menampilkan text (misalnya lynx) tidak akanmampu menampilkannya dan jika ada akan menampilkan alternatifnya saja. Web Server, untuk berkomunikasi dengan clientnya (web browser) mempunyai protokol sendiri yaitu HTTP (HyperText Transfer Protocol). Denganprotokol ini, komunikasi antar web server dengan clientnya (browser) dapat saling dimengerti dan lebih mudah.

FTP (singkatan dari File Transfer Protocol) adalah sebuah protokol Internet yang berjalan di dalam lapisan aplikasi yang merupakan standar untuk pentransferan berkas (file) komputer antar mesin-mesin dalam sebuah internetwork. Sedangkan FTP Remote adalah sebuah aplikasi tersendiri yang berguna untuk mentransfer data dari computer ke hostingan. Sebuah Klien FTP merupakan aplikasi yang dapat mengeluarkan perintah-perintah FTP ke sebuah server FTP, sementara server FTP adalah sebuah Windows Service atau daemon yang berjalan di atas sebuah komputer yang merespons perintah-perintah dari sebuah klien FTP. Perintah-perintah FTP dapat digunakan untuk mengubah direktori, mengubah modus transfer antara biner dan ASCII, menggugah berkas komputer ke server FTP, serta mengunduh berkas dari server FTP. Macam-macam FTP remote antara lain adalah FileZilla, Aplikasi ini tersedia untuk Windows, Linux, *BSD, Mac OS X. Aplikasi ini support untuk FTP, FTP over SSL/TLS (FTPS) dan SSH File Transfer Protocol (SFTP) dan WinSCP, Aplikasi ini hanya tersedia untuk sistem operasi Windows. Aplikasi ini support untuk FTP, FTP over SSL/TLS (FTPS) dan SSH File Transfer Protocol (SFTP), aplikasi ini juga mengintegrasikan teks editor.

Urutan cara membuat website (dengan menggunakan wordpress) :

  1. Pesan Domian. Domain dapat di pesan di alamat co.cc yang merupakan domain gratis.
  2. Pesan Hostingan. Hosting dapat di pesan di alamat 000webhost.com yang merupakan hosting gratis.
  3. Setelah domain dan hostingan di pesan dan telah aktif, selanjutnya menghubungkan atau at down domain dengan hostingan. Pada domain di tambahkan server ns01.000webhost.com dan ns02.000webhost.com untuk menghubungkan ke hostingan 000webhost.com.
  4. Selanjutnya mengatur dan mensetting DNS. Pada Hostingan masukkan alamat domain untuk penanaman domain di tempat hosting.
  5. Memilih CMS yaitu WordPress. Upload file WordPress ke dalam file hosting sebagai berkas dan database yang akan dikelola.
  6. Install CMS tersebut lewat Cpanel atau lewat phpMyAdmin.